Mengenal Apa Itu Bea Balik Nama (BBN)

Apa Itu Bea Balik Nama

Apa itu Bea Balik Nama? Bea Balik Nama atau BBN adalah pajak yang timbul ketika melakukan suatu prosedur untuk mengganti nama yang tertulis pada SHM (Sertifikat Hak Milik) untuk sebuah properti.

BBN atau Bea Balik Nama biasanya muncul ketika kamu membeli rumah bekas/secondary sehingga berkas SHM yang sebelumnya sudah tertera pemiliki sebelumnya harus dibalik nama menjadi nama kamu sebagai pembeli rumah.

Baca Juga : Apa Itu Deflasi? Definisi, Jenis, Faktor Penyebab dan Dampak Deflasi

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengurus BBN

Sebelum mengurus BBN atau Bea Balik Nama, kamu wajib memperhatikan hal-hal berikut ini agar sesuai dengan perjanjian.

1. Double Check Letak dan Luas Tanah

Pastikan bahwa kondisi fisik tanah jelas seperti batas-batas kepemilikan dan juga luas tanah. Untuk membuatnya lebih sah biasanya terdapat yang namanya surat ukur atau gambar situasi. Surat ukur ini berguna untuk menunjukkan letak, bentuk, batas serta luas tanah. Selain itu, melakukan double check terhadap fisik tanah / bangunan berfungsi agar tanah yang ingin kamu beli tidak tumpang tindih dengan tanah milik tetangga.

Saat bentuk, letak, batas dan luas tanah sudah dicek langsung plus diukur oleh juru ukur dari BPN (Badan Pertanahan Nasional), kamu bisa melanjutkan proses balik nama.

2. Cek Status Kepemilikan Tanah

Mencari tahu mengenai status kepemilikan tanah serta hukum dasar kepemilikan tanah tersebut sebaiknya dilakukan sebelum mengurus BBN. Ketahui apakah tanah / properti tersebut merupakan hasil dari jual beli, barter, warisan atau hibah. Biasanya status seperti itu akan tertulis pada sertifikat tanah atau riwayat kepemilikan tanah.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Deposito

Bea Balik Nama Rumah atau Properti Lainnya

Bea Balik Nama rumah atau properti dibedakan berdasarkan melalui siapa kamu melakukannya. Ini dia dua jenis Bea Balik Nama Rumah:

1. Biaya Balik Nama Melalui Notaris / PPAT

Jika Pins, tidak punya banyak waktu untuk mengurus BBN maka bisa menyerahkannya kepada notaris / PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Proses balik nama melalui PPAT biasanya akan dikenakan biaya sekitar 0.5% hingga 1% dari total transaksi. Biaya ini termasuk juga pembuatan AJB, BBN serta biaya jasa.

2. Biaya Balik Nama Secara Mandiri

Saat Pins memutuskan untuk mengurus proses balik nama secara mandiri, maka pegangan yang harus diperhitungkan adalah berdasarkan NJOP. Kementerian Agraria dan Tata Ruang telah mempunyai rumus kisaran biaya balik nama yaitu:

Nilai tanah (per m2) x luas tanah (per m2) / 1.000

Contoh: nilai tanah Rp 500.000/m2 dengan total luas tanah 200 m2, maka biaya administrasi yang harus dibayar adalah Rp 100.000.

Baca Juga : Apa Itu PPnBM : Definisi, Syarat, Kategori dan Tujuan

Cara Mengurus BBN

Sama seperti biaya mengurus BBN yang terdapat dua jenis. Cara mengurusnya pun ada dua yaitu melalui PPAT atau mengurus sendiri. Ketika kamu memakai jasa PPAT sebagai perantara, segera datang ke kantor PPAT dengan membawa beberapa dokumen di bawah ini:

  1. Sertifikat tanah asli
  2. Fotokopi KTP pembeli dan penjual properti
  3. Fotokopi akta jual-beli
  4. Bukti pelunasan SSB BPHTB (Surat Setoran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.
  5. Berkas permohonan balik nama yang ditandatangani pembeli
  6. Bukti Pelunasan SSP PPh

Jika mengurus sendiri kamu bisa datang ke kantor BPN dan membawa berkas di bawah ini:

  1. Surat pengantar dari PPAT
  2. SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang / Pajak Bumi dan Bangunan)
  3. Surat pernyataan dari calon penerima hak

Proses BBN ini akan berlangsung hingga 2 minggu sampai sertifikat tanah dengan nama pemilik baru selesai dicetak.

Demikian penjelasan tentang Apa Itu Bea Balik Nama atau BBN, semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi untuk kamu dalam upaya mengetahui tahapan dan proses transaksi jual beli rumah.

Tinggal Menghitung hari menuju perayaan tahun baru 2023, selain perayaan kembang api tahun baru juga

Memasuki bulan agustus 2022 Indonesia bersiap merayakan hari jadi ke 77 Tahun tepat pada tanggal

KPA Kredit Pemilikan Apartemen adalah fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh bank untuk pembelian apartemen dengan

Leave a Reply